MTS Sains Salahuddin Wahid Pesantren Tebuireng Kesamben
MADRASAH TSANAWIYAH SAINS SALAHUDDIN WAHID TEBUIRENG KESAMBEN JOMBANG
MTs. Sains Salahuddin Wahid di dirikan Oleh Pengasuh Pesantren Teburieng Periode 2006 sd 2020 yaitu Dr Ir KH Salahuddin Wahid pada tahun 2019, merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Pesantren Tebuireng, MTs Sains Tebuireng mendapatkan izin resmi dari Departemen Agama pada tahun 2020 dengan nama MTs Sains Putri Tebuireng. Januari Tahun 2020 Dr Ir KH Salahuddin Wahid kembali kehadapan Allah SWT untuk selamanya. Untuk mengenang jasa beliau MTs Sains berganti Nama Menjadi MTs Sains Salahuddi Wahid. Lokasi di Dusun Ngembul Desa Kesamben Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang Jawa Timur
MTs Sains Salahuddin Wahid resmi menerima santri baru tahun 2020-2021, semua satri wajib tinggal dipesantren Tebuireng Kesamben, pembelajaran di Madrasah dan Asrama terintegrasi saling menguatkan unutuk dapat mencapai tujuan madrasah dan pesantren ,dengan memadukan antara pendidikan salaf dan modern. Hal ini sesuai dengan potensi dan karakteristik daerah Jombang yang merupakan kota santri. Potensi yang dimiliki MTs. Sains Salahuddin Wahid antar lain:
a. Lokasi Madrasah yang strategis, terletak di pinggiran kota Jombang dan jauh dari kebisingan.
b. Terdapat 15 % pendidik telah tersertifikasi, 25 % pendidik berijazah S2 dan 5 % lulusan luar negeri.
c. Warga Madrasah memiliki kesadaran yang tinggi untuk usaha peningkatan pendidikan.
d. Ruang belajar seluruhnya telah dilengkapi sarana LCD untuk pembelajaran;
e. Sebagaian besar pendidik telah menggunakan IT dalam proses pembelajaran;
f. Sebagian besar lingkungan Madrasah telah dilengkapi kamera CCTV.
g. Sanitasi dan kesediaan MCK terpenuhi
h. Pembiasaan kegiatan keagamaan setiap hari baik di asrama maupun dimadrasah
i. Bimbingan intensif khusus bagi mereka yang mengalami keterlambatan dalam belajar.
j. Bimbingan intensif bagi siswa yang akan diikutkan olimpiade
k. Pembinaan kitab kuning dan baca al-Qur’an.
Sedangkan karakteristik MTs. Sains Salahuddin Wahid adalah sebagai berikut:
a. Seluruh komponen Madrasah memiliki kesadaran yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan;
b. Warga Madrasah memiliki kepedulian terhadap lingkungan;
c. Warga Madrasah menjunjung tinggi nilai-nilai religius;
d. Warga Madrasah memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi;
e. Pendidik dan tenaga kependidikan memiliki integritas yang tinggi terhadap profesi dan usaha-usaha peningkatan pendidikan;
f. Pendidik memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam meningkatkan kompetensinya (Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional);
g. Peserta didik memiliki semangat yang tinggi dalam pencapaian kompetensi baik akademik maupun non akademik.